Minggu, 27 November 2011

HATI

Oktober- November 2011


Dalam perjalanan dari pancasari menuju singaraja, banyak hal yang aku pikirkan. Banyak impian yang aku tulis dalam pikiranku. aku biasa melakukan itu. pikiran- pikiran itu adalah teman dalam perjalananku. Tadi pagi aku memikirkan tentang hati, salah satu organ vital di dalam tubuh manusia. Secara ilmiah, hati berfungsi mengubah provitamin A menjadi vitamin A, menawar racun dalam tubuh, dan masih banyak lagi ( hanya itu yang aku ingat. Karena sudah lama aku tidak belajar biologi. hehehehe ). Tapi dari segi harfiahnya, hati merupakan sebuah ruangan yang sangat besar dengan beberapa ruangan yang lebih kecil di dalamnya (aku  biasanya menyebut ini sebagai fungsi perasaan. hehehe). Hati menurutku adalah sebuah tempat dimana kita menyimpan hal- hal yang bermakna dalam hidup kita. Setiap hal itu memiliki ruangan tersendiri di dalam hati kita. Hal- hal itu bisa berupa tempat, orang, masa, dan hal- hal lain yang memiliki arti penting dalam hidup kita. Satu hal dengan hal yang lain memiliki tempat masing- masing yang tidak bisa ditukar. Misalnya masa SMA tidak bisa kita tukar dengan masa SD atau masa kuliah kita. Begitu pula sebaliknya. Kita juga tidak bisa mengatakan, "masa SMA gue paling keren pokoknya! Ga ada yang bisa gantiin masa- masa itu!". Atau ada juga yang sering bilang kayak gini, "kamu itu ga akan pernah tergantikan di dalam hatiku" Come on! Kalau ada yang berkata seperti itu, kita perlu menanyakan kembali, "sorry, hati bagian yang mana ya??" :D. Tidak ada satu hal penting yang mempunyai tempat yang sama di hati kita. Kalau toh misalnya ada,pasti kadar kepentingan dan kebermaknaan hal tersebut berbeda.

Oleh karena itu, benda abstrak ciptaan Tuhan yang ditaruh di hati manusia (istilah kerennya Cinta) akan mendapat tempat berdasarkan ruangan- ruangan tersebut. Sehingga kita (seharusnya) mengenal dan memiliki beberapa jenis cinta dalam hati kita yaitu cinta kepada Tuhan, cinta sebagai anak, cinta sebagai orangtua, cinta sebagai saudara dan sahabat, serta cinta sebagai diri kita sendiri, baik sebagai seorang laki- laki maupun seorang wanita. Jika masing- masing cinta itu mengisi ruangan- ruangan yang ada di dalam hati kita, maka hati kita akan menjadi hati yang sempurna. :)

2 komentar:

  1. inilah mangapa aku suka membaca dan menulis, aku jadi mengetahui apa yg tak banyak diketahui orang lain. tulisan yg bagus :) salam.

    BalasHapus
  2. hahahaha. makasi kak. mohon kritik dan sarannya ya. :)

    BalasHapus